Jakarta – Daun pepaya dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Manfaat daun pepaya untuk kesehatan telah diketahui secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

 

Meski dahulu belum ada penelitian ilmiah yang dapat dilakukan untuk mengetahui senyawa kimia yang terkandung dalam daun pepaya, bukan berarti tidak ada penelitian ilmiah yang valid dilakukan oleh leluhur. Karena orang-orang pada zaman dahulu menggunakan metode trial and error sebagai salah satu metode empiris untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

 

Diantara sekian banyak manfaatnya daun pepaya dipercaya berkhasiat untuk meredakan nyeri haid. Kandungan daun pepaya ternyata berfungsi sebagai analgesic. Daun pepaya mengandung flavonoid yang berperan sebagai anti-inflamasi yang dapat menghambat pembentukan radang penyebab nyeri.

 

Cara menyiapkan daun pepaya untuk meredakan nyeri haid ini juga sangat mudah. Anda cukup menyiapkan selembar daun pepaya. Campurkan dengan sejumput garam dan asam jawa. Lalu aduk dalam segelas air. Masukkan kedalam panci dan rebus hingga mendidih. Minumlah selagi hangat dan rasakan khasiatnya. (KIN)