PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalteng Bryan Iskadar mengingatkan, dalam menghadapi pertambahan jumlah penduduk di Ibu Kota Nusantara (IKN), maka pemerintah harus memperkuat sektor pertanian. Apalagi dengan meningkatnya kebutuhan pangan dan suplai ke IKN.

Dia bahkan meminta kepada pemerintah provinsi dan kabupaten-kota di Kalteng untuk meningkatkan semua program yang berkaitan dengan pertanian secara umum. Termasuk menganggarkan dana bagi pengembangan pertanian dalam upaya memperkuat ketahanan pangan dan perekonomian masyarakat.

“Peningkatan program pertanian ini juga untuk mencegah dan mengantisipasi krisis pangan yang bisa saja melanda berbagai negara di dunia. Karena itu, pemerintah harus meningkatkan program pertanian melalui APBD,” katanya kepada wartawan.

Politikus muda asal daerah pemilihan III Kalteng, meliputi; Kabupaten Kotawaringin Barat, Sukamara dan Lamandau ini meminta pemerintah daerah memberikan perhatian serius terhadap pengembangan program pertanian. Apalagi, sektor pertanian masih bisa ditingkatkan dan dikembangkan.

Bryan juga mengatakan, koordinasi dan komunikasi pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota harus diperkuat. Khususnya dalam hal penyusunan program pertanian. Koordinasi itu sebagai upaya menyelaraskan program yang akan dibuat di setiap kabupaten dan saling bersinergi.

“Alangkah baiknya jika setiap daerah mempunyai keunggulan di bidang pertanian. Apalagi lahan di Kalteng relatif subur dan baik ditanami berbagai jenis tanaman, padi, sayuran dan tanaman buah,” kata dia.

Selain tanaman, kata Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kalteng ini, luasnya lahan kosong di Kalteng juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan peternakan dan budidaya ikan. Dengan begitu, kebutuhan pangan di Kalteng dapat terpenuhi dan tidak lagi bergantung dari daerah lain. (adv)

 

editor: pahit s. narottama