Palangka Raya – Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah (Disdik Kalteng) menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di halaman Kantor Disdik Provinsi Kalteng, Jalan Mayjen D.I. Panjaitan Nomor 4 Palangka Raya, pada Kamis (2/5/2024).

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Muhammad Reza Prabowo, menyampaikan pesan dari Gubernur Kalteng dan Wakil Gubernur Kalteng.

“Sebelumnya, perkenankan kami menyampaikan salam dari Bapak Gubernur Kalteng dan Bapak Wakil Gubernur Kalteng, sedianya beliau berencana hadir untuk pelaksanaan kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional pada hari ini, namun beliau menyampaikan pesan dan salam untuk seluruh peserta yang hadir agar kita selalu bersemangat untuk mewarnai pendidikan di Kalteng, memberikan perubahan, terobosan-terobosan di dunia pendidikan, sehingga kita harapkan 30 sampai 50 tahun ke depan generasi muda Kalteng akan jauh lebih baik daripada hari ini,” ucapnya.

Reza menambahkan pentingnya semangat inovasi dalam pendidikan Kalteng. “Kami berkomitmen untuk terus mendorong inovasi dan terobosan-terobosan baru dalam dunia pendidikan. Pendidikan adalah kunci utama untuk kemajuan daerah kita,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Reza juga menyebutkan bahwa nantinya juga akan meluncurkan beberapa program strategis dan penyerahan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di Kalteng.

“Hari ini kita akan melakukan penyaluran tahap pertama bantuan Tabungan Beasiswa untuk 13 ribu lebih mahasiswa. Insya Allah bantuan ini akan diserahkan langsung oleh Bapak Gubernur,” jelas Reza.

Lebih lanjut, Reza menyebutkan penghargaan kepada para guru melalui program perumahan. “Selain itu, hari ini juga, untuk menghargai, untuk menghormati, untuk memberikan apresiasi kepada guru-guru kita, kita akan meluncurkan program 1.000 Rumah Berkah. Program tersebut akan diresmikan oleh Bapak Gubernur. Alhamdulillah, seluruh rencana kita dapat terlaksana,” katanya.

Selain itu, Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran melalui Disdik Kalteng juga memberikan bantuan untuk sekolah-sekolah di daerah terpencil. “Hari ini juga kita akan menyerahkan bantuan untuk sekolah-sekolah kita yang masih terpencil. Bantuan ini berupa solar panel untuk membantu penyediaan listrik di daerah yang belum terjangkau listrik. Juga akan ada satelit sebagai alat bantu untuk menangkap sinyal, serta papan tulis interaktif sebagai upaya untuk mewujudkan digitalisasi dalam proses belajar mengajar,” pungkas Reza.

Upacara yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait ini berlangsung khidmat dan penuh semangat, menandai komitmen bersama dalam memajukan pendidikan di Kalimantan Tengah.