Palangka Raya – Kegiatan Asesmen Minat dan Bakat (AMB) yang diselenggarakan oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng mendapat apresiasi tinggi dari berbagai pihak.

 

I Nyoman Arjana Arta, Wakil Kepala Sekolah (Waka) bidang kurikulum, menyatakan bahwa AMB yang diadakan merupakan langkah positif yang sangat membantu pihak sekolah.

 

“Jadi untuk kegiatan Asesmen Minat dan Bakat yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai perpanjangan tangan dari Pak Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, ini sangat baik sekali. Dengan adanya AMB ini, sekolah tidak perlu lagi melakukan asesmen. Hasil dari asesmen yang diselenggarakan ini akan kita gunakan sebagai acuan dalam pemetaan minat dan bakat peserta didik kami,” ucapnya, Kamis (16/5/2024).

I Nyoman Arjana Arta – Wakil Kepala Sekolah (Waka) bidang kurikulum

Ia menambahkan bahwa pihak sekolah sangat berterima kasih karena AMB tidak memerlukan dana tambahan dari sekolah dan memberikan solusi praktis tanpa harus melibatkan pihak luar.

 

“Kami dari pihak sekolah sangat berterimakasih sekali, karena dengan adanya AMB ini pihak sekolah tidak mengeluarkan dana, tidak perlu mencari orang luar lagi untuk membiayai kegiatan asesmen ini, tetapi ini adalah gratis. Oleh sebab itu, pihak SMA Negeri 2 Palangkaraya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, karena telah memfasilitasi kegiatan Asesmen Minat dan Bakat ini,” pungkasnya.

 

Namun, pelaksanaan AMB tidak lepas dari beberapa kendala teknis, seperti yang diungkapkan oleh Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Negeri 2 Palangkaraya, Veronica Octadewi Taradifa. Ia menambahkan, waktu pelaksanaan yang tidak berjalan dengan baik juga menjadi masalah.

 

“Selama kegiatan AMB ini berjalan, ada beberapa kendala yang kami alami, seperti halnya kendala jaringan. Kemudian tadi juga ada waktunya tidak jalan. Jadi saat pelaksanaan, waktunya itu tidak jalan, ini juga berkaitan dengan jaringan dari handphone anak itu sendiri. Kami juga berupaya membantu dengan menyediakan WiFi, tetapi tidak bisa memenuhi kebutuhan mengingat banyaknya pengguna dari siswa siswi kita yang akan melakukan asesmen ini,” ucapnya.

Veronica Octadewi Taradifa – Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Negeri 2 Palangkaraya

Veronica juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Tengah atas fasilitasi kegiatan AMB ini yang sangat membantu dalam menganalisis minat dan bakat siswa.

 

“Kami sangat berterimakasih kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran karena telah memfasilitasi kegiatan AMB ini, untuk sekolah-sekolah, karena ini sangat membantu kami untuk melihat dan menganalisis hasil dari mapel pilihan anak nanti, karena awalnya kami dari BK sendiri itu kebingungan, bagaimana kami menganalisis minat dan bakat anak tersebut, memang harus adanya dukungan pihak ketiga agar kami dari guru BK tinggal menganalisa hasil dari pihak ketiga ini dan nanti rencananya kami melakukan wawancara dengan orang tua berkaitan dengan hasil AMB ini, yang akan dilakukan pada minggu depan,” pungkasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, seorang siswa kelas X dari SMA Negeri 2 Palangkaraya, Muhammad Alta Falifi Marlino, juga mengungkapkan rasa terima kasihnya.

Muhammad Alta Falifi Marlino – siswa kelas X dari SMA Negeri 2 Palangkaraya

“Terimakasih kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Bapak H. Sugianto Sabran, yang telah memfasilitasi AMB ini sehingga kami selaku siswa siswi merasa sangat terbantu dengan adanya AMB ini,” katanya.

 

Kegiatan Asesmen Minat dan Bakat yang diadakan ini diharapkan dapat terus memberikan manfaat bagi seluruh siswa di Provinsi Kalimantan Tengah, membantu mereka dalam menentukan minat dan bakat serta jalur pendidikan yang tepat.