Kotawaringin Barat – Fadil Mahfud Ramadan, siswa asal MTsN 1 Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, berhasil meraih juara 1 dalam lomba tahfidz Qur’an tingkat nasional. Kompetisi ini diikuti oleh siswa-siswi dari berbagai kota di seluruh Indonesia dan disponsori oleh PT Gajah Duduk, Kamis (16/5/2024).

 

Fadil dinobatkan sebagai pemenang kategori B (sederajat SMP/MTs), mengungguli peserta lainnya. Juara 2 diraih oleh Rakki Suta Khalif Akmal dari Pondok Tahfidz Qur’an (PTQ) Imam Syafi’i, Bogor, Jawa Barat.

 

Peserta lomba berasal dari berbagai daerah termasuk Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Pekanbaru, Malang, Lampung, Lebakbulus Banten, Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, Jombang, Madiun, Gresik Jawa Timur, Bangka Belitung, Tegal, dan lainnya.

 

Pada kategori SD/MI sederajat, juara 1 diraih oleh Althafunnisa Kodyat dari SDIT Ulil Albab Kamal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, yang juga pernah menjuarai lomba Tahfidz Qur’an RCTI. Juara 2 diraih oleh Anindita Faranissakhi Azzahra dari SDN 3 Jombatan, Jombang, Jawa Timur.

 

Penilaian lomba meliputi tajwid, sifatul huruf, makharijul huruf, dan keindahan suara bacaan. Masing-masing pemenang juara 1 menerima hadiah sebesar Rp7,5 juta, sementara juara 2 menerima Rp5 juta.

 

Fadil juga dikenal sebagai qori di kota Pangkalan Bun dan pernah meraih juara 2 MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ke-31 untuk golongan tilawah tahfidz 1 juz pada November 2023 lalu, hanya terpaut 0,2 poin dari juara 1.

 

Keberhasilan Fadil ini menjadi kebanggaan bagi MTsN 1 Kobar dan masyarakat Kotawaringin Barat khususnya, serta seluruh masyarakat Kalimantan Tengah pada umumnya.