Dr. Haji Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, S.H., M.H tokoh muda Kalimantan Selatan yang sudah tidak asing lagi ditelinga generasi milenial Kalimantan Selatan. Sebagai pendatang baru di dunia politik sejak 2019 silam, Bang Rifqi, sapaan akrabnya, kembali memenangi kontestasi politik untuk memperebutkan kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan I Kalimantan Selatan dengan perolehan suara kedua terbanyak.

Meski kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari partai yang berbeda, ternyata Bang Rifqi mampu mengumpulkan suara hingga tiga kali lipat. Ini menunjukkan tingginya kepercayaan publik sehingga dalam satu periode masa jabatan saja Bang Rifqi mampu mendongkrak suara dalam pagelaran pemilihan legislatif kemarin.

Santer beredar isu Bang Rifqi akan masuk bursa calon gubernur Kalimantan Selatan. Isu tersebut bukan isapan jempol mengingat banyaknya dukungan baik dari tokoh masyarakat hingga Gen-Z banua. Lantas apa yang membuat begitu besarnya kepercayaan publik terhadap tokoh politik-intelektual muda tersebut? Berikut deretan prestasi Bang Rifqi dalam 5 tahun terakhir.

1. Trans Banjar Bakula;

Bang Rifqi meloloskan program ini saat ia duduk di komisi V DPR RI. Angkutan umum 4 koridor ini menjadi alternatif utama sarana transportasi masal Kalimantan Selatan. Sistem operasi Trans Banjar Bakula ini serupa dengan Commuter Line yang ada di jabodetabek dimana bus hijau tersebut konsisten memberangkatkan penumpang setiap 10 menit, ada atau tidak ada penumpang.

2. Pembangunan Ruas Jalan Nasional Baru;

Bang Rifqi telah berkontribusi dalam pembangunan ruas jalan nasional baru. Beliau memperjuangkan penggunaan dana APBN untuk pembangunan jalur Banjarmasin, Marabahan, Margasari, Simpang Hambawang hingga Hulu Sungai. Keberadaan ruas jalan ini telah dirasakan manfaatnya oleh warga banua karena mampu mempersingkat jalur tempuh pengguna jalan.

3. Pembangunan Bendungan Tapin;

Bang Rifqi juga memperhatikan sistim pengelolaan air di Kalimantan Selatan. Diantaranya adalah proyek pembangunan bendungan Tapin. Dengan kapasitas 56,77 juta meter kubik bendungan ini mampu mengairi lahan pertanian setempat seluas 5.472 hektar. Selain itu keberadaan bendungan ini diproyeksikan mampu mengendalikan banjir di Kabupaten Tapin.

4. Penataan kawasan perkotaan Pembangunan Siring Kelayan;

Bang Rifqi juga berjasa dalam memperindah kawasan tepi sungai di Kota Banjarmasin. Bahkan jika terpilih menjadi Gubernur Kalimantan Selatan nanti Bang Riqfi akan menambah titikĀ waterfront city di Banjarmasin.

5. Penataan Kawasan Rampa Kotabaru;

Rampa, sebuah desa di Kecamatan Pulau Laut Utara juga telah merasakan dampak program Bang Rifqi. Beliau mampu merubah Desa Rampa menjadi alternatif kawasan wisata.

6. Pembagian 200.000 Sertifikat tanah gratis di Kalsel;

Data menunjukkan lahan di Kalsel yang terdaftar dan bersertifikat hanya sebesar 30%. Jadi 70% tanah di Kalsel belum terdaftar dan tidak memiliki kepastian hukum. Hal ini dapat menjadi masalah ketika investasi besar masuk, seperti perkebunan dan pertambangan. Rakyat akan kalah secara legal formil dan sulit mendapatkan akses keadilan. Bang Rifqi memberikan kepastian hukum bagi 200.000 kepala keluarga warga dan memberi bekal formil bagi warga untuk mempertahankan hak atas tanah.

7. Dana perbaikan infrastruktur akibat banjir besar di Kalsel Januari-Februari 2021.

Kalimantan Selatan sempat menderita akibat banjir besar di awal tahun 2021 lampau. Dua poros jalan utama putus karena jembatan Mataraman dan jembatan Pelaihari putus. Saat itu ribuan pengungsi harus ditampung di stadion Demang Lehman sedangkan dana APBD Kalsel kurang dari seratus juta rupiah. Bang Rifqi berhasil mencarikan anggaran 1 trilyun. Dana tersebut digunakan untuk menyelesaikan semua infrastruktur bermasalah seperti perbaikan jalan-jalan rusak akibat terendam banjir, perbaikan jembatan dan permasalahan-permasalahan ikutan akibat banjir. (KIN)