MANGKATIP – Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PDI Perjuangan asal Kalteng Dr. Ir. Willy M. Yoseph, MM, mengingatkan masyarakat untuk tidak salah memilih dalam pemilihan umum yang akan digelar tahun 2024 mendatang. Tokoh politik yang dikenal dengan singkatan nama WMY ini meminta agar masyarakat menimbang secara matang figur wakil yang akan dipilih sebelum mencoblosnya di bilik suara.

Menurut calon anggota DPR RI periode 2024-2029 dari PDI Perjuangan asal Kalteng ini, selain memilih calon, masyarakat juga harus jeli melihat partai yang mengusung calon yang bersangkutan, sehingga suara yang diberikan benar-benar memenuhi harapan dan aspirasi yang akan dibawa ke Senayan.

“Jangan salah memilih! Pilihlah calon yang nanti pasti terpilih dan kelak dilantik. Tidak asal pilih, karena kelak, suara bapak-ibu sangat berarti untuk Kalteng dan kemajuan Kalteng,” katanya di hadapan masyarakat Kecamatan Dusun Hilir yang memadati aula kantor kecamatan, Jumat (8/9/2023).

Dia mencontohkan partai-partai pengusung calon anggota DPR RI yang tidak mencapai ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) sebesar empat persen. Maka kata politikus yang pernah menjabat Bupati Murung Raya dua periode tahun 2003-2013 ini, suara yang diberikan akan sia-sia.

Meskipun calon yang bersangkutan mampu masuk dan menjadi enam orang yang mewakili masyarakat Kalteng, tetapi jika secara nasional, partai yang bersangkutan tidak mampu mencapai ambang batas parlemen, maka dapat dipastikan bahwa calon yang bersangkutan tidak akan dilantik menjadi anggota DPR RI.

“Karena itu, jika calon yang dipilih atau dicoblos tersebut terpilih, tetapi tidak dilantik, maka suara yang telah diberikan atau dicoblos saat pemilu menjadi percuma, sia-sia, dan hanya membuang suara,” katanya seraya mengingatkan agar mencoblos calon yang pasti terpilih dan pasti dilantik.

Ketika dilantik menjadi anggota DPR RI kata dia, maka dipastikan figur yang bersangkutan benar-benar dapat membawa aspirasi masyarakat Kalteng yang diwakilinya di pusat dan mampu memperjuangkan semua aspek yang menjadi tanggung jawabnya kelak. (psn)